Cara Mencuci Matras Yoga agar Tetap Awet dan Tidak Rusak

 
Source image: google

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup populer di masyarakat. Biasanya olahraga ini memiliki berbagai jenis lainnya yang dapat dilakukan dengan berbagai macam gerakan untuk melatih kelenturan otot. Tak hanya itu, beberapa gerakan dalam yoga juga dapat melatih keseimbangan hingga memperbaiki postur tubuh dengan baik. Untuk melakukan olahraga ini, kamu hanya perlu sebuah matras empuk yang terbuat dari karet atau busa yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan yoga.

Dengan matras berbagai pose yoga dapat kamu lakukan dengan nyaman dan aman tanpa takut cedera saat olahraga. Namun, karena dipakai saat olahraga atau berkeringat, tentu menjaga kebersihkan matras menjadi hal yang wajib kamu lakukan. Terutama matras yoga yang digunakan secara rutin, tentu akan mudah terkena debu dan kotoran. Berikut ini tips mencuci matras yoga di rumah:


Membersihkan matras yoga seminggu sekali


Dikutip dari kompas.com, kamu bisa mencuci matras yoga setidaknya seminggu sekali. Terutama jika kamu rutin berlatih yoga setiap minggu. Keringat yang jatuh akan terserap pada matras dan menjadi sarang kuman yang berbahaya bagi tubuh dan kulitmu. Rutin membersihkan matras akan menjaga matras tetap bersih dan tubuh akan terhindar penyakit.

Mencuci dengan pembersih alami


Cucilah dengan menggunakan pembersih serbaguna dan air. Apabila matras yoga terbuat dari karet alami, kamu bisa mencuci menggunakan campuran pembersih dan cuka dengan perbandingan 50:50. Formula ini dapat menghilangkan kuman, mengembalikan fleksibilitas tekstur karet, dan menjaga matras agar tidak kusam.

Menggunakan sabun terlalu banyak


Dikutip dari kompas.com, jangan terlalu banyak menggunakan sabun dan air. Jangan direndam, karena air rendaman dapat masuk ke dalam bagian matras dan membuat tak lagi nyaman ketika kering. Untuk mencucinya kamu bisa menyemprotkan kedua sisi matras menggunakan larutan cuka dan air. Setelah disemprot rata, lap dengan spons lalu keringkan dengan cara digantung pada tempat teduh yang tertiup banyak angin.

Mencuci di mesin cuci


Jika memungkinkan, dikutip dari kompas.com, kamu bisa mencuci matras yoga di dalam mesin cuci. Namun, tentu berbeda dari mencuci secara manual. Ketika mencuci dengan mesin cuci, kamu lakukan saja sebulan sekali tanpa sabun. Setelah selesai, masukkan ke dalam mesin pengeringan. Cara ini tidak akan merusak matras.

Jangan dijemur di panas matahari


Jangan jemur matras langsung di bawah sinar matahari. Hal ini karena panas matahari yang menyengat akan merusak fungsi material dasar matras yoga.


Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

0 Comments: