Tips Cetak Foto yang Berkualitas Tinggi

Source image: google

 
Untuk mendapatkan hasil cetak foto berkualitas tinggi sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan teknik yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Beberapa faktor dapat menjadi penentu untuk mendapatkan komposisi foto yang bagus. Contohnya seperti hasil foto dengan pencahayaan yang kurang, komposisi warna yang kurang tepat, hingga kertas foto yang salah untuk mencetak.

Untuk mendapatkan hasil cetakan foto dengan kualitas tinggi, kamu perlu memastikan foto yang diambil juga memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, kamu bisa mengecek secara detail settingan foto sudah sesuai atau belum. Jika ingin mendapatkan kualitas cetak foto yang tinggi, kamu harus memperhatikan beberapa aspek berikut ini:
 

Memastikan resolusi gambar


Untuk mencetak foto dengan kualitas yang tinggi, salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah resolusi gambar yang tinggi. Komposisi ini sangat berpengaruh dengan hasil cetakan foto. Jika foto memiliki kualitas yang rendah, maka hasil cetak juga akan low-quality bahkan gambar bisa pecah dan sulit terdeteksi. Resolusi minimal sebuah foto adalah 300 ppi, apabila lebih tinggi, maka cetak foto akan lebih bagus.

Menggunakan kertas glossy


Saat kamu ingin mencetak foto, kertas foto menjadi salah satu yang perlu kamu perhatikan. Pilihlah kertas yang berkualitas baik dan sesuai untuk mencetak foto. Untuk mendapatkan kualitas cetak yang bagus, gunakan jenis kertas foto atau kertas glossy. Kertas ini cocok karena bersifat mengikat tinta, bukan malah menyerap tinta. Meskipun sedikit lebih mahal dari jenis kertas lain, namun hasil cetakan yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang tinggi.

Format dan resolusi yang sesuai


Sebelum mencetak foto, perhatikan format foto yang akan dicetak sudah benar dan sesuai. Jangan sampai kamu salah mensetting format foto yang akan dicetak. Umumnya, format gambar adalah pdf, tiff, png, dan jpeg. Semua format tersebut harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan dan hasil cetak yang kamu inginkan. Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, resoluasi gambar menjadi hal penentu kualitas cetak foto. Pilihlah foto dengan kualitas 300 ppi. Semakin besar resolusi akan semakin bagus pula hasil cetaknya.

Mengedit foto terlebih dahulu


Ketika hasil foto kurang bagus, kamu bisa mencoba mengedit foto terlebih dahulu sebelum mencetak. Pencahayaan sangat mempengaruhi kualitas hasil foto yang dibidik. Pastikan foto tersebut memiliki pencahayaan yang cukup baik. Jika minim pencahayaan atau kurang terang, kamu bisa melakukan editing foto dengan menambahkan exposure dan contrast yang sesuai dengan keinginan.

Mengatur printer


Hal terakhir yang menentukan hasil foto yaitu memperhatikan pengaturan printer. Hal ini paling sering diabaikan dan dinggap remeh. Padahal setting printer sangat penting untuk menghasilkan cetakan foto yang tajam dan berkualitas. Pastikan kamu telah mengatur settingan printer dengan tepat sesuai dengan jenis dan mereka printer. Jika ingin mencetak high quality, hindarilah mencetak menggunakan Microsoft Word karena tidak sesuai. Sebaiknya gunakan software yang dibuat untuk keperluan editing foto seperti Corel Draw atau Photoshop.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

0 Comments: