Tips Membuat Desain Banner yang Efektif untuk Promosi

Source image: google

 
Untuk memasarkan sebuah produk dan bran, kita mengenal istilah banner atau spanduk yang dipakai untuk mempromosikan usaha. Banner adalah media informasi yang multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. Seperti banner toko, banner makanan, hingga banner promosi partai menjelang kampanye.

Meskipun telah memasuki era digital, nampaknya banner cetak masih banyak digunakan. Banner ini biasa ditemukan di pinggir jalan atau depan toko yang akan menarik perhatian pelanggan untuk datang. Untuk itu, pembuatan banner tidak boleh sembarangan, termasuk pembuatan desain.

Untuk membuat banner yang efektif sebagai media promosi, berikut cara membuat desain banner:

1. Sederhana dan menarik


Untuk membuat desain banner yang menarik, buatlah desain tampilan yang sederhana. Tidak perlu menggunakan desain yang berlebihan, cukup gunakan beberapa warna dengan kombinasi gambar yang tepat. Dengan begitu, informasi akan tersampaikan dengan jelas dan menjadi fokus utama.

2. Menggunakan gambar yang relavan


Pembuatan desain banner pasti memuat gambar. Nah, biar semakin menarik, pilihlah gambar yang relavan dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk pembuatan banner pecel lele, kamu bisa memasukkan gambar ikan lele atau pecel lele dalam pembuatan banner. Usahakan gunakan gambar dengan produk asli yang kamu jual atau jangan gunakan gambar yang tidak sesuai yang diambil di internet.

3. Mudah dibaca


Desain banner yang efektif yaitu banner yang mampu menyampaikan informasi dengan tepat. Pastikan informasi tersebut mudah terbaca oleh audiens. Seperti misalnya penggunaan ukuran font yang ideal, jenis font, dan warna tulisan yang kontras.

4. Padat dan jelas


Untuk membuat informasi tersampaikan dengan tepat dan menarik, maka pembuatan banner membutuhkan keterampilan copywriting yang baik. Jangan memasukkan banyak tulisan yang akan membuat banner menjadi kurang menarik. Pilih dan gunakan kata ajakan yang dapat mempengaruhi audiens.
 

5. Menggunakan margin


Dalam pembuatan desain, kamu bisa menggunakan margin yang menjadi batasan atau garis tepi untuk desain banner. Margin ini dapat membuat desain banner menjadi lebih proporsional dan tidak miring. Hal yang perlu kamu ingat, banner yang telah tercetak pada bagian tepi akan dilubangi untuk memasang tali saat dipasang. Jangan sampai konten desain yang telah dibuat rusak karena terlalu dekat tepi banner.

6. Memilih ukuran banner


Umumnya banner dibuat dalam bentuk persegi panjang. Banner memiliki ukuran mulai dari 60x160 cm hingga 80x200 cm. Namun, ukuran ini bisa disesuaikan tergantung kebutuhan toko. Kamu dapat menentukan ukuran banner untuk dibuat secara landscape maupun potrait.

7. Cetak banner berkualitas


Karena banner akan dipasang di tempat yang ramai dan banyak dikunjungi orang, maka pastikan hasil cetak banner memiliki kualitas yang baik. Ada pilihan bahan banner yang berkualitas dan memberikan hasil yang bagus. Pilihlah banner yang awet, tidak mudah rusak, tidak mudah pudar, dan hasil cetakannya tajam.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

0 Comments: