Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Cetak Brosur

Dalam pembuatan cetak brosur ada beberapa jenis kertas yang disesuaikan kebutuhannya. Pada umumnya ada dua jenis kertas yang digunakan untuk cetak brosur yakni: HVS dan Art Paper (AP). Berikut penjelasannya:

Kertas HVS
Kertas HVS adalah kertas yang paling umum digunakan di rumahan atau kantor. Kertas HVS biasa digunakan untuk brosur yang bisa anda cetak dengan mesin printer biasa atau menggunakan digital printing.

Kertas HVS memiliki tekstur yang kasar dan berserat. Kertas HVS yang digunakan pun beragam jenis ketebalannya (gramatur). Kertas HVS paling tipis dan ekonomis adalah 60gr. Untuk kertas HVS standar adalah 80gr.

Biasanya di toko kertas anda mendapati kertas HVS dalam ukuran A4 (quarto), A3 dan F4 (folio).

Kertas Art Paper
Art paper atau biasa disebut juga kertas AP adalah kertas yang sering digunakan untuk cetak brosur. Kertas ini tidak bisa dicetak dengan printer rumah biasa, karena kertas ini hanya bisa dicetak oleh mesin digital printing atau mesin offset.

Kertas AP memiliki tekstur yang licin di kedua sisi nya dan mengkilap sehingga sangat menarik dan elegan untuk brosur. Kertas AP juga memiliki beragam ketebalan (gramatur) mulai dari 100gr, 120gr, dan 150gr. Untuk kertas diatas 150gr dinamakan karton.

Ketika anda ingin cetak brosur saya rekomendasikan untuk menggunakan kertas jenis ini untuk brosur anda. Karena harganya yang murah dan kualitas kertas yang sangat baik.

0 Comments: