Jenis-Jenis Mesin Digital Printing

  Digital Printing merupakan kemajuan teknologi dari pengembangan percetakan konvensional menjadi metode digital. Teknik percetakan ini mengubah dari gambar dan text berbasis digital berupa file kemudian langsung mencetaknya dengan berbagai media secara cepat dan mudah.

Kelebihan menggunakan Digital Printing dibanding metode terdahulunya yakni cetak tradisional tidak lagi  menggunakan proses yang terbilang pro cetak seperti pembuatan film dan plat digital. Penghematan dari segi tenaga kerja dan kemampuan mesin cetak digital yang terus meningkat menandakan bahwa Digital Printing mencapai titik dimana metode ini dapat menyamai atau menggantikan kemampuan teknologi cetak offset untuk melakukan cetakan yang lebih banyak dengan harga murah.

Berikut jenis-jenis mesin serta kegunannya Digital Printing:

-          Large Format, mesin Digital Printing ini memiliki ukuran besar yang memang diperuntukan untuk gambar dengan ukuran besar, seperti banner, spanduk, baliho, billboard dan sebagainya.

-          Screen Digital Printing, untuk mesin Digital Printing ini biasanya digunakan khusus untuk sablon kaos yang dimana dapat mencetak gambar pada kaos secara langsung. Tentunya jauh lebih efektif dan cepat dibandingkan menggunakan mesin sablon konvensional.

-          Digital Offset Printing,  adalah mesin percetakan yang bisa menghasilkan output dalam berbagai bentuk seperti kertas HVS dan lain sebagainya.

-          Keramik Printing adalah mesin percetakan digital untuk mencetak gambar di keramik atau cangkir, gelas dan sebagainya.

 

0 Comments: